Share

mata-mata 

Mencegah Mata-Mata

Komputer Anda Sering “DI INTIP” atau “DIMATA-MATAI” “Admin Nakal”? Baik Admin lokal/intranet/admin server/hacker/spyer/orang yang cuma iseng. Kezeell bingit kan? Wah bisa berabe “semua isi komputer atau Ponsel kita bisa dilihat tanpa sepengetahuan kita”.

Apalagi kalo ada “gambar yang sangat pribadi” (ngerti kan maksudnya, hehehe), wah berabe, “bisa nyebar” nih. Atau dokumen penting yang sangat rahasia (seperti data-data PIN e-Banking atau password berbagai login ke beberapa situs). Ditambah lagi komputer anda selalu terhubung dengan jaringan baik (Wifi/LAN/WAN/Intranet/Internet), wah bisa jadi makanan empuk para “Pengintip Nakal”.

Jangan pernah men-“share” file atau folder atau path direktori hard disk ( C:\ atau D:\ atau E:\) bila tak diperlukan. Selain itu, jangan sembarang menginstall file gratisan dari internet. Jangan membuka sembarang link situs website yang agak mencurigakan – kadang berupa berbentuk banner iklan yang berdampak untuk memaksa anda menginstall suatu program mata-mata – trojan dan spyware). Apalagi memberi informasi nomor IP Address (Nomor Internet Protokol) komputer kita ke sembarang orang (walaupun nomor IP addressnya bisa dilacak juga menggunakan program khusus, seperti : Google Earth/Map dan Commad DOS yaitu Netstat -N). Sekarang di internet banyak aplikasi remote dan mata-mata, seperti: Team Viewer, UltraVNC, dan RealVNC

Kalaupun misalnya anda terpaksa harus tetap menggunakan “remote access” karena kebutuhan akan akses jaringan ke “workgroup” di lingkup jaringan (LAN/WAN/Intranet/Extranet/Internet), pastikan komputer anda memiliki kunci masuk atau “password” sebagai “Administrator” untuk membukanya.

Berikut beberapa tips yang mungkin bisa membantu untuk pengguna komputer berbasis Windows 7/8/10. Ikuti Petunjuk gambar berikut, sebelumnya bila komputer anda diproteksi dengan aplikasi Defreeze atau sejenisnya sebaiknya dibuka dulu, nanti bila step ini sudah diikuti dengan benar (jangan di centang) baru komputer di restart kembali dan dikunci lagi. Info ke yang lain ya…!

abc

Hapus Cache dan Clear History Browsing

Lakukan kebiasaan ini di HP anda bila telah selesai browsing internet. Agar ponsel terasa lebih cepat, karena sisa sampah gambar/teks dari browsing yang memenuhi memori ponsel hilang, juga untuk “mengamankan” data enkripsi di ponsel anda dari “Para Pengintip Dunia Maya”. Sebenarnya banyak aplikasi gratis android untuk pembersih sampah di internet seperti Clean Master, dll. Namun, banyak juga program aplikasi pembersih (cleaner) yang disusupi/didomplengi dengan program mata-mata (spyware). Jangan sembarang menginstall aplikasi gratis android di ponsel anda.

  1. Masuk aplikasi browsing anda (tampilan berbeda tergantung aplikasi browsingnya).
  2. Pilih/klik di pojok kanan atas titik tiga (lihat gambar)
  3. Pilih setelan/setting
  4. Pilih privasi dan keamanan
  5. Hapus cache, lalu hapus riwayat browsing (kalau ada alamat website penting sebaiknya simpan di bookmark saja)
  6. Hapus semua data cookies (ini menyimpan enkripsi data ponsel anda).
  7. Hapus data formulir
  8. Hapus Sandi / Password
  9. Lokasi (maps) aktifkan bila diperlukan saja.

Lakukan ini setiap selesai browsing, di ponsel ataupun di aplikasi browsing di komputer PC anda, biar aman. Selamat mencoba. Bisa diinformasikan ke yang lain ya…!

Salam,
cehuigraphics.com

Berikut langkah-langkah yang harus diikuti di ponsel Anda. Tampilan mungkin berbeda tergantung aplikasi browser yang anda gunakan di ponsel anda.

Langkah 1 : Masuk Ke Setelan / Setting

1

Langkah 2 : Pilih Privasi & Keamanan

2

Langkah 3: Hapus Cache, Hapus Riwayat, Hapus Semua Data Cookie, Hapus Data Formulir, dan Hapus Sandi/Password. Aktifkan lokasi bila diperlukan saja!

3

 

Iklan